Siapa disini yang mau sablon kaos tapi masih bingung pakai tinta apa? 

Bagusan rubber, plastisol, discharge atau superwhite??

Nah, di artikel kali ini mimin SWTZKY Apparel – Sablon Kaos Bogor bakal coba jelasin sedikit untuk lebih mengenal jenis tinta Rubber, Plastisol, Superwhite dan Discharge

Rubber (Waterbase)

Tinta rubber atau dikenal juga dengan sebutan tinta GL ini berbahan dasar air (waterbase). Karakter tinta ini elastis seperti karet, handfeel lembut dan tercetak diatas permukaan kain.  Ada juga beberapa jenis sablon yang dapat dikembangkan dari tinta rubber, seperti glow in the dark, gold/silver, dan lain-lain.

Banyak beredar merk tinta rubber yg berkualitas bagus di pasaran, untuk mengetahui tinta rubber yg digunakan berkualitas bagus atau tidaknya sangat mudah, cukup tarik hasil sablonan tersebut  dan lihat apakah ada bagian yg retak atau tidak, jika sablonan tidak ada yg retak berarti kualitas tinta dan sablonannya bagus.

Berikut contoh hasil produksi kami menggunakan tinta rubber/GL :

Capture
Tinta Rubber

Superwhite & Discharge (WaterBase)

Tinta superwhite dan discharge ini masih berbahan dasar air (waterbase). Karakter tinta ini meresap kedalam kain dan punya handfeel yang lembut juga. Banyak clothing/distro yg memakai jenis tinta ini. Superwhite biasanya digunakan di bahan dasar kain berwarna terang, sedangkan discharge digunakan di kain berwarna gelap.

Berikut contoh hasil produksi kami menggunakan tinta softwhite dan tehnik discharge:

discharge-chuckydenim a
Discharge

Plastisol (OilBase)

Tinta Plastisol berbahan dasar minyak (oil base). Jenis tinta ini paling banyak diminati nih karena handfeel dan jenisnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Tinta ini tercetak diatas permukaan kain. Handfeel tinta ini dapat dibuat bervariasi, bisa kasar, lembut ataupun random. Tapi jangan heran jika harga plastisol lebih mahal dibanding jenis tinta yg lainnya, hal ini disebabkan karena plastisol memakan waktu dalam proses pengerjaannya  dan hasilnya yang lebih awet. Beberapa jenis sablon yang menggunakan tinta plastisol, antara lain: glow in the dark, shimmer gold/silver, high density, flock, foil, glitter crack, dll.

Berikut beberapa contoh hasil produksi kami menggunakan tinta plastisol:

plastisol-dinamite-iloveimg-compressed
vcvn

Gimana? Udah tau perbedaan jenis tinta sekarang? Kalo untuk bagusan mana sih yaa semuanya balik lagi ke selera masing-masing.

Tapi mimin kasih bocoran sedikit ya, kaos distro yang dijual/beredar sekarang itu kebanyakan pake tinta plastisol, discharge & plascharge :))